Artikel /

Cara Membentuk Tim yang Pas Untuk Startup Kamu

Blog Artikel dan Info

Membangun sebuah startup bukanlah perkara yang mudah, itu semua membutuhkan kerja keras dan usaha luar biasa. Sulit sekali ketika Anda mengerjakan semua sendiri, akan lebih mudah jika Anda mengerjakannya bersama sebuah tim.

Struktur dalam startup sangat penting sekali, ini berfungsi sebagai alat untuk mempertegas dan memperjelas garis koordinasi serta tanggung jawab orang yang ada di dalam tim. Maka Anda tidak bisa mengabaikan keberadaan struktur tim ini. Lalu bagaimana cara membentuk sebuah struktur tim yang ideal dalam startup, perhatikan poin-poin di bawah ini.

1. Sesuaikan Struktur Tim Dengan Kebutuhan

Buatlah struktur tim yang sesuai dengan kebutuhan startup Anda. Jangan paksakan memenuhi pos-pos penting yang ada seperti pada perusahaan. Tidak usah juga mengada-adakan jabatan tertentu dan menyamakannya layaknya sebuah perusahaan. Sadari bahwa yang Anda kelola adalah startup yang masih dalam masa pengembangan dan pertumbuhan. Secara perlahan nanti juga akan mengarah ke sana, yang terpenting saat ini adalah bergerak dengan cepat, efektif dan efisien.

2. Buat Struktur Tim Yang Proporsional

Proporsi struktur tim dalam sebuah startup sangat penting. Ini berhubungan dengan bagaimana nantinya Anda akan menggerakkan sebuah tim ketika melangkah dalam pekerjaan. Hindari membuat struktur tim dengan proporsi yang gemuk, ini sangat menghambat pergerakan startup Anda. Anda akan disibukkan hanya mengurusi dan mengkoordinasi tim Anda karena terlalu gemuk.

Pertahankan struktur yang ramping, maksudnya adalah Anda harus bisa memasang orang yang tepat pada peran strategis yang dibutuhkan. Ramping bukan berarti kurang, namun lebih kepada bagaimana Anda bisa mengefektifkan orang-orang di dalam tim Anda.

3. Selalu Beradaptasi Dengan Perkembangan Bisnis

Anda tidak bisa hanya memakai struktur tim yang sama ketika bisnis mulai berkembang. Anda harus mampu menyesuaikan struktur tim Anda dalam menghadapi perkembangan yang pasti akan selalu terjadi.

Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambah orang dalam tim ketika perusahaan mengalami kemajuan. Tentu saja ini harus dilakukan karena akan ada banyak tanggung jawab baru yang harus ada yang menghandle nya sendiri. Seiring perkembangan startup Anda, maka struktur tim idealnya juga harus mengalami penambahan.

3. Harus Ada Kejelasan Dalam Garis Koordinasi

Ini lebih kepada kepemimpinan, jangan sampai ada tumpang tindih di sini. Anda sebagai founder juga harus memikirkannya sejak dini bagaimana kejelasan garis koordinasi ini. Garis kepemimpinan sangat dibutuhkan untuk menjaga proses pemenuhan tugas dan tanggung jawab di dalam sebuah perusahaan. Untuk itu, harus ada garis koordinasi yang jelas dan detail dalam struktur tim startup Anda.

Artinya adalah ada wewenang dari atasan untuk memerintah bawahan, atau bisa juga dibagi dengan bawahan hanya bisa diperintah oleh atasan yang terkait saja. Atau mungkin Anda memiliki cara pembagian lain, bisa saja, yang terpenting adalah ada kejelasan dalam garis koordinasi dalam struktur tim Anda.

5. Ketegasan Dalam Tugas Pokok dan Fungsi

Selain kejelasan dalam garis koordinasi, Anda juga dituntut untuk bisa dengan tegas tentang tugas pokok dan fungsi masing-masing orang dalam struktur tim startup Anda. Bukan hanya kepada bawahan, namun atasan yang mengkoordinasikan bawahan juga harus Anda kelola dengan jelas.

Jangan sampai ada tumpang tindih dari masing-masing anggota tim yang justru akan menghambat dan mengkacaukan langkah kerja startup yang Anda bangun. Dan ini harus Anda lakukan mulai dari sekarang agar ke depan Anda tidak dipusingkan lagi dengan masalah ini ketika perusahaan sudah menjadi semakin besar.

orang telah membaca artikel ini.
3 Start Up Ini Di Akuisisi Oleh Go-Jek

3 Start Up Ini Di Akuisisi Oleh Go-Jek

Ambisi perusahaan layanan ride sharing Go-Jek menjadikan fitur pembayaran Go-Pay sebagai salah satu platform pembayaran digital semakin nyata. Hal itu terbukti dengan langkah Go-Jek mengakuisisi tiga startup financial technology, yaitu Kartuku, Midtrans, dan Mapan.

Agarpac minuman dengan kaya serat yang terbuat dari rumput laut merah sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaaan anda dan juga untuk Diet Keto dengan mengkonsumsi 1 hari dua kali dalam program diet keto anda akan memberikan hasil diet sehat yang terbaik.

Agarpac produk dari Swallow Globe Brand Indonesia produsen agar agar terbesar di indonesia yang telah dipercaya selama puluhan tahun.

Wikipedia SiteWide Iklan Baris
wisata